Skip to content

Si Gundul Trans 7: panen kelelawar ratusan ekor

July 5, 2008

Sore ini, Sabtu 5 Juli 2008 jam 4.15 sore, saya di SMS Pak Ko kalau di Trans 7 ada acara pembantaian kelelawar dan dibakar. Beliau mengusulkan untuk memprotes keras tindakan itu. Secara pribadi saya sepakat dengan itu karena bagaimanapun tindakan pembantaian keleawar untuk dikonsumsi akan mengganggu keseimbangan alam …..

Benar juga setelah aku pindah channel ke Trans 7 mengalahkan Kabaret-nya Metro TV, nampak di layar si Gundul lagi mbentangin jaring untuk nangkap kelelawar.

Dia bersama orang lokal yang kayaknya berlokasi di Kalimantan, Si Gundul memanen kelelawar yang sepertinya pemakan buah dari kelompok famili Pteropodidae, sepertinya dari jenis Rousettus sp.

Si Gundul dan teman lokalnya mendaptkan sekitar 200 ekor kelelawar yang kemudian di bagi-bagi … , kemudian kelelawar sebagian di masak, kayaknya dimasak OPOr …, Si gundul ikut makan dan kemudian setelah makan mereka pergi dari gua … setelah mampir dulu njala ikan di sungai …

Ada hal yang kurang pas di acara Si Gundul episode kali ini, yaitu

” Si gundul mungkin belum tahu kalau kelelawar khususnya pemakan buah sangat berperan penting dalam membantu kelestarian hutan khususnya dalam membantu menyebarkan biji. Beberapa penlitian menyebutkan kalau hampir 90% biji-biji Ara ( Ficus sp.) di hutan-hutan di sebarkan oleh kelelawar dan sisanya oleh burung, monyet dll.”

Silakan klik disini

” Nah, kalo semua orang setelah melihat acara Si Gundul terus ikut-ikutan nangkap kelelawar dengan jumlah tiap hari 200 ekor dan dalam satu minggu ada 7 hari berarti dalam satu minggu ditangkap 1400 ekor kelelawar , yang tentu saja kecepatan regenerasi kelelawar tidak akan secepat itu …, otomatis .. populasi kelelawar akan terus berkurang dan akhirnya punah dari dalam gua … laha kalo punah dari gua …. terus siapa yang mau bantuin nyebarin biji-biji .. di hutan atau bantuin mnyerbukin bunga .. durian ……”

” Acara ini kurang mendidik ditinjau dari pelestarian gua dan kehidupannya khususnya dalam menjaga kelestarian hutan … Terlepas Si Gundul membidik profesi-profesi yang unik namun, hal sperti ini tentu saja akan menjadi pembenaran terhadap pemanenan kelelawar di gua-gua yang banyak tersebar di Indonesia.”

mengapa perlu melindungi karst dan gua serta kehidupan yang ditopangnya?? Jawabnya ada disini

” STOP KILLING BATS .. and CONSERVE CAVES AND ITS LIFE …….”

 

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,277 other followers

%d bloggers like this: