Skip to content

Kalacemeti jenis baru dari Waigeo, Raja Ampat, Papua

December 6, 2010

Sarax monodenticulatus dari Pulau Waigeo

Kalacemeti jenis baru kembali ditemukan di Indonesia, setelah beberapa bulan yang lalu empat jenis baru ditemukan di gua-gua di pedalaman Kalimantan. Kali ini, satu jenis baru dan satu catatan baru kalacemeti kembali ditemukan dari belantara hutan di Kepulauan Raja Ampat Papua.

Temuan jenis baru ini merupakan salah satu hasil kegiatan ekspedisi yang dilakukan oleh Puslit Biologi LIPI pada tahun 2007 dan 2008 dengan bendera “Ekspedisi Widya Nusantara (e-Win)”. Ekspedisi ini memakan waktu selama satu bulan masing-masing di Pulau Waigeo di tahun 2007, Batanta dan Salawati di tahun 2008.

Dalam publikasi di Journal of Arachnology yang terbit di Amerika Serikat pada tanggal 21 November 2010, Volume 38 Nomer 3, saya bersama J. Kojima melaporkan tiga jenis kalacemeti dari Papua Barat dan Papua Nugini dimana dua jenis diantaranya merupakan jenis baru.

Kalacemeti dari Kepulauan Raja Ampat

Kalacemeti jenis baru dari Pulau Waigeo merupakan salah satu anggota marga Sarax, yang tergolong dalam Suku Charinidae. Jenis baru yang diberi nama Sarax monodenticulatus ini ditemukan di dua lokasi di hutan kapur di daerah Mumes dan di dekat mata air yang dikenal dengan Air Dingin Wairabiae di dekat Desa Warsamdin.

Kalacemeti ini ditemukan hidup di bawah bongkahan batu di lantai hutan yang banyak terdapat di Pulau Waigeo. Jenis ini hanya ditemukan hidup di lantai hutan dan tidak ditemukan hidup di dalam gua.

Bentang alam Teluk Manyailibit, Waigeo

Jenis baru ini dicirikan dengan tubuh berukuran kecil, tubuh berwarna coklat kemerahan,  dengan ciri khas ada satu duri di kuku capitnya. Ciri-ciri ini mirip dengan jenis yang ditemukan di daerah Bogor yaitu Sarax javensis, namun memiliki perbedaan dari jumlah ruas pada kaki, selain itu kondisi jarak dan sejarah geologi kawasan yang sangat berbeda antara Jawa dan Papua meyakinkan keduanya merupakan jenis yang berbeda.

Sejarah

Kalacemeti belum pernah dilaporkan sebelumnya dari Papua Barat khususnya Kepulauan Raja Ampat. Temuan kalacemeti  kawasan Papua (Indonesia dan Papua Nugini), pertama kali dilaporkan Thorell 1888 dari Ambon dan Fly River, Papua Nugini yaitu tiga jenis Charon. Kemudian Kraepelin pada tahun 1895 yang melaporkan keberadaan jenis Sarax sarawakensis dari New Guinea (Kawasan Papua) dan Kepulauan Solomon.

Pada tahun 1915, F.H Gravely, naturalis dari Inggris yang tinggal di India mendeskripsi jenis baru yang diberi nama  Sarax willeyi dari New Britain yang merupakan hasil dari ekspedisi yang dilakukan oleh Dr. Willey di New Britain. Sejak saat itu, belum pernah dilaporkan lagi temuan baru kalacemeti dari kawasan Papua.

Selain jenis baru dari Pulau Waigeo, dalam publikasi yang sama dilaporkan satu jenis baru dari salah satu gua di New Britain (Papua Nugini) yang merupakan hasil ekspedisi tim Perancis pada tahun 2005. Kolektor jenis tersebut, Franck Brehier, seorang penelusur dan penyelam gua memberi kesempatan kepada penulis untuk mendeskripsi jenis tersebut.

Jenis dari New Britain diberi nama Sarax newbritainensis yang mengacu pada nama pulau yakni New Britain mengingat jenis ini hanya ditemukan di daerah tersebut. Jenis ini merupakan jenis yang khas gua karena memiliki morfologi yang khas binatang gua yakni warna coklat pucat dan memiliki kaki yang relatif lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis yang ditemukan dari Waigeo. Selain itu, jenis ini juga berbeda dari Sarax monodenticulatus berdasarkan jumlah duri di kuku yang berjumlah dua.

Catatan baru

Jenis yang dideskripsi tahun 1915, yakni Sarax willeyi yang ditemukan di New Britain, ditemukan di kawasan Madang (Papua Nugini), Pulau Batanta dan Salawati (Indonesia). Jenis ini sepertinya jenis yang mempunyai sebaran luas selain itu, tempat hidupnya juga di temukan di bawah batu atau kayu lapuk di dalam hutan.

Berdasarkan temuan ini, Indonesia telah menambah sedikitnya lima jenis baru dari Marga Sarax, sementara dari marga lain yakni Charon, diyakini jenis baru dari Pulau Waigeo juga akan segera dipublikasi dalam waktu dekat.

Taksonomi

  • Kelas : Arachnida
  • Bangsa : Amblypygi
  • Suku : Charinidae
  • Marga : Sarax
  • Jenis :
  1. Sarax willeyi Gravely, 1915 (New Britain, Madang (Papua New Guinea), Batanta dan Salawati (Indonesia)
  2. Sarax newbritainensis Rahmadi & Kojima, 2010 (New Britain, Papua New Guinea)
  3. Sarax monodenticulatus Rahmadi & Kojima, 2010 (Pulau Waigeo, Papua Barat)

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,610 other followers

%d bloggers like this: