Skip to content

Jogja – caving & speleologi yang tak pernah henti

June 21, 2012

Jogja merupakan tempat yang banyak menawarkan kenikmatan, kalau diperkenankan memilih mungkin aku memilih jogja untuk mencoba bermanfaat buat orang lain.

Mungkin 17 tahun lalu aku mulai merasakan bagaimana nikmatnya jogja, semua ada dan murah untung ukuran kantong seperti aku.

Sejak itu, aku perlahan mulai mengenal dunia lain melalui dunia pecinta alam. Di Matalabiogama aku mulai mengenal gunung, tebing dan gua dan segala aktifitas dan suka duka di dalamnya.

Dari situ, aku mulai mengenal Caving, yaitu kegiatan penelusuran gua dengan berbagai teknik yang ada dari gua horisontal sampai gua vertikal yang sederhana sampai rumit. Dari hanya sekedar naik turun sampai harus bersimulasi untuk evakuasi dari dalam gua.

Tidak hanya berhenti disitu, di jogja juga kegiatan caving tidak melulu adventure tapi ada kegiatan yang berbau ilmiah melalui kegiatan eksplorasi bersama dengan muatan penelitian dari berbagai topik.

Jogja memang istimewa, dan kegiatan caving dan speleologi yang ada di dalamnya.

Selain itu, guyub rukun antar pegiat dan organisasi pecinta alam dan penelusur gua seperti tidak pernah kehabisan lem. Tetap merekat dan tak pernah lepas dari generasi ke generasi.

Pasang surut, naik turun dalam bersosialisasi maupun dalam segi teknik menjadi dinamika dan itu tidak bisa dipungkiri. Namun caving jogja dengan arisan cavingnya tetaplah luar biasa buatku.

Jika sore kemarin aku berkumpul bersama teman-teman arisan di Jembatan Babarsari untuk latihan bersama Cave Rescue, itu yang mambuatku seperti bernostalgia.

Buatku, jogja tetap tidak pernah berhenti untuk manjadi basis kegiatan caving & speleologi di Indonesia.

Permasalahannya sekarang, apakah teman-teman penelusur gua atau caver siap menghadapi permasalah karst dan gua yang mestinya merubah paradigma dalm berkegiatan.

Tidak hanya adventure dan berkutat dengan teknik, tapi bisa berkontribusi dalam mengurai permasalahan karst dan gua di Indonesia.

Itulah tantangan kongkritnya saat ini, siapkah jika tempat bermain kita terkoyak oleh aktifitas yang mengancam kelestarian karst.

Saatnya kita para caver bermanfaat untuk karst di Indonesia bukan negara lain.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,277 other followers

%d bloggers like this: