Skip to content

Phrynus exsul, laba-laba Amerika dari Pulau Flores

April 30, 2007

The female of Phrynus exsul

 

Taksonomi

Jenis ini bukanlah laba-laba yang sebenarnya, sekilas kenampakan lebih mirip dengan kalajengking. Jenis dengan nama latin Phrynus exsul Harvey 2002 ini termasuk anggota Famili Phrynidae, Bangsa Amblypygi, Kelas Arachnida. Jenis ini merupakan satu-satunya anggota Famili Phrynidae di Indonesia bahkan di kawasan Australasia dan Afrika. Namun dari famili lain seperti Famili Charontidae terdapat 8 jenis dan Famili Charinidae 2 jenis. Kelas Amblypygi merupakan kelompok yang secara taksonomi belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, meskipun mereka sering menemukan di lingkungan sekitarnya.

The female genitalia of Phrynus The chelicera of Phrynus

The left pedipalp of female Phrynus exsul

Ciri-ciri Fisik

Secara sekilas kenampakan jenis ini seperti kalajengking namun tidak mempunyai ekor dan tidak berbisa. Badan terbagi menjadi dua bagian yaitu kepala yang menyatu dengan dada (cephalothorax) dan bagian perut (abdomen). Di bagian kepala terdapat alat seperti capit yang sering disebut pedipalp. Capit ini dilengkapi dengan duri-duri yang merupakan karakter penting untuk membedakan jenis satu dengan lainnya. Selain capit juga terdapat organ seperti antena yang panjang yang sebenarnya adalah modifikasi kaki paling depan.

Habitat

Jenis Phrynus exsul pertama kali ditemukan hidup di dalam gua wisata di Pulau Flores. Temuan lain juga menunjukkan bahwa jenis ini juga hidup di luar gua di antara tebing-tebing batu dan bahkan memanjat di batang pohon. Habitat utama kelompok ini adalah gua, celah batuan, di bawah batang kayu dan bebatuan. Bahkan ada bebera jenis lain yang juga hidup bersama dengan rayap dan semut di sarangnya.


Perilaku

Secara umum jenis-jenis dari kelompok Amblypygi mempunyai perilaku pakan sebagai pemangsa. Mereka memakan berbagai jenis Arthropoda lain seperti jangkrik, kecoak bahkan udang yang hidup di dalam sungai. Namun dari jenis Phrynus exsul belum ada penelitian maupun temuan khusus tentang perilaku seperti perilaku pakan, reproduksi dan lain-lain.

Persebaran

Famili Phrynidae mempunyai sebaran utama di Amerika Serikat bagian selatan sampai ke Amerika Selatan. Persebaran ini diyakini sebagai tempat hidup famili ini dan tidak ditemukan di belahan bumi lainnya. Namun pada akhirnya pendapat itu gugur dengan ditemukannya satu jenis baru pada tahun 2002 di kepulauan Flores, Indonesia. Temuan ini tentu saja berdampak pada biogeografi Kelompok Amblypygi di Indonesia bahkan di dunia. Berbagai teori pun muncul untuk menjawab pertanyaan biogeografi ini.

Advertisements
6 Comments leave one →
  1. December 4, 2012 10:20 pm

    tanggal 30 November kemarin saya tinggal di Yogya menemukan la-laba yang cirinya persis seperti yang ada di gambar web ini mas…skrg masih saya simpan di toples ( tp sdh mati ),ini fam.Charontidae atau Phrynidae??

    • January 4, 2013 11:54 am

      kalau yang di Jogja memang ada beberapa temuan yang hidup di dalam rumah terutama di kamar mandi atau tempat lembab dan gelap lainnya.

      Kalau itu dari jenis Charon, famili Charontidae..

  2. April 14, 2013 4:53 am

    nah ne kalo nemu enaknya di apain mas?
    mau di lepas bikin takut
    di pelihara juga bikin ngeri ?
    hahaha

  3. October 2, 2012 11:27 am

    Kalau yang di jogja berbeda dg yg di Flores mas, yg di jogja beda famili dg yg di flores.

    Di jogja dr famili Charontidae, marga Charon
    Klo di flores Phrynidae , marga Phrynus

    Demikian.

Trackbacks

  1. Bagaimana membedakan Amblypygi Indonesia di tingkat genus???? « Indonesian Caves Life
  2. apakah laba-laba ini piknik ke jogja?? - Ceriwis - Indonesian Community

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: