Skip to content

Sekilas gua-gua di Nusakambangan

May 11, 2007

Nusakambangan merupakan pulau yang salah satu penyusun batuannya adalah batu gamping. Melalui sistem celah rekahan proses pelarutan batu gamping berlangsung dan membentuk rongga-rongga kecil sampai sangat besar membentuk sebuah gua. Gua merupakan lingkungan yang unik karena gelap sepanjang masa terutama di bagian dalam gua.

<< gambar menyusul >>

Gambar 1. Kolam air perkolasi di salah satu gua di Nusakambangan.

Kondisi ini menyebabkan fauna dalam gua beradaptasi dengan berkembangnya organ perasa dan mereduksinya organ penglihatan. Fauna gua dibedakan menjadi 3 katagori yaitu trogloxenes, troglophiles dan troglobites. Golongan troglobites dicirikan dengan mata yang mereduksi, berwarna putih dan berantena panjang atau berkembanganya organ perasa.

Berdasarkan survey di sembilan gua didapatkan sekitar 89 jenis Arthropoda dan sekitar 15 % termasuk dalam katagori troglobites meskipun angka ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beberapa Arthropoda yang ditemukan adalah Uropygi, Amblypygi, Collembola, Araneida, Coleoptera dan lain sebagainya. Kelompok Collembola (ekor pegas) terdapat 5 jenis yang diduga troglobites.

Kekayaan lain gua-gua di Nusakambangan adalah ornamen gua yang sangat indah dan juga kelelawar penghuni gua yang berperan untuk mengendalikan hama dan membantu penyerbukan bunga.

<< gambar menyusul >>

Gambar 2. Stygophrynus sp. (Amblypygi) yang banyak ditemukan di gua-gua Nusakambangan

Namun potensi ini terancam oleh aktivitas manusia yang semakin intensif seperti penambangan batu gamping, penambangan guano, penangkapan kelelawar, wisata gua dan penebangan hutan. Jika hal ini terus berlanjut tanpa upaya untuk mengelola dengan baik semuanya akan hilang dan berpengaruh pada keseimbangan ekosistem dalam gua maupun luar gua.

<< gambar menyusul >>

Gambar 4. Jendela gua yang disebabkan runtuhnya atap gua di Gua Putri, Nusakambangan.

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. endro permalink
    June 7, 2007 5:26 am

    Halo,

    Tanggal 15-17 aku akan ikut perjalanan ke NusaKambangan bareng anak2 backpacker( ikut juga?). Karena baru balik dari gua2 di Mulu National Park, Sarawak jadi tertarik juga mengeksplore gua2 di Nusa Kambangan.

    Ada gambar, peta dan petunjuk serta tips mengunjungi gua2 yang disebut di tulisan di atas?

    Makasih banyak,

    Endro

  2. June 16, 2007 10:44 am

    Mas endro,

    Kebetulan waktu saya ke nusakambangan sudah ada beberapa gua yang dipetakan jadi saya tidak memetakan lagi.

    Gua-gua di sana pendek dan dari sisi speleologi kurang menantang. Namun kalau anda penasaran silakan kunjungi salah satu gua yang paling menantang menurut saya, Gua Ular.

    Gua ini terdapat di dasar sebuah doline yang sedikit vertikal meskipun waktu itu saya harus merambat dengan rotan .. lorongnya cukup lebar namun pendek dan yang perlu diketahui udaranya sangat panas dan lembab.

    saya punya laporan perjalanan ke nusakambangan mungkin nanti bisa saya kirim via japri atau akan saya upload di blog ini.

    kalo mau ke gua-gua di Nusakambangan harus ijin ke BKSDA Cilacap, mungkin Semen Holcim bahkan Kejaksaaan di Jawa Tengah.

    silakan mencoba…

    salam

    cahyo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: