Skip to content

Gua Srunggo, Tuban: akankah gua bagi kehidupan ini MUSNAH??

April 8, 2008

Mulut Gua Srunggo

Gua Srunggo, mulut gua yang nampak ditutupi dengan boulder berukuran besar. Ketebalan karst begitu tampak dari permukaan tanah sampai permukaan air bawah tanah. Segala aspek kegiatan di atas sistem peguaan Gua Srunggo. SANGAT MENGANCAM keberadaan sungai bawah tanah di dalamnya .

Ada informasi akan ada perluasan penambangan Semen Gresik yang mendekati keberadaan Gua Srunggo yang merupakan salah satu gua penting sebagai sumber air bagi warga Tuban.

Gua Srunggo mempunyai aliran sungai bawah tanah yang belum pernah disurvay sebelumnya. Sistem sungai bawah tanahnya belum pernah dipetakan dan belum ada satupun yang bisa meprediksikan keberadaan Sistem gua Srunggo.

Jadi tidak ada SEORANGPUN, satu LEMBAGA pun, Satu PABRIK pun yang bisa MAIN-MAIN dengan keberadaan gua SRUNGGO.

Tidak satupun PABRIK Semen mengambil resiko untuk menambang kawasan di sekitar GUA SRUNGGO tanpa tahu dimana dan kemana SISTEM PERGUAAN gua SRUNGGO.

Seandainya bermain-main dengan resiko menambang tanpa tau sistem perguaan niscaya, KEHANCURAN sistem perguaan dan HANCURNYA sumber air bagi warga TUBAN akan terjadi.

Peringatan ini hanya terpajang di dekat mulut gua ......

Melindungi sumber air tidak hanya dimana air tersebut keluar .. namun mestinya terlindungi dari HULU sampai HILIR .. segala bentuk kegiatan yang mengancam kelestarian sumber air baik di hulu maupun di HILIR hendaknya DICEGAH atau DIHENTIKAN

TINDAKAN SEGERA:

1. Perlu dilakukan survey bawah tanah yang menyeluruah untuk memetakan sitem perguaan GUA SRUNGGO dan segala aspek yang meliputinyan dari HIDROLOGI, GEOLOGI, BIOLOGI< EKOLOGI dan semua aspek lainnya.

2. Menghentikan atau mencegah kegiatan yang DESTRUKTIF di sekitar SRUNGGO tidak hanya Radius 500 m tapi sejauh mungkin yang diperkirakan menjadi daerah tangkapan SRUNGGO.

JADI JANGAN BERMAIN-MAIN RESIKO DENGAN ALAM, APALAGI DENGAN SUMBER AIR ……….

Ancaman Bagi Gua

Salah satu ancaman di sekitar kawasan Gua Srunggo, PENAMBANGAN FOSFAT….

Akankah Peringatan hanya sekedar pajangan

Akankah hutan hanya sekedar hiasan, atau batu gamping hanya sekedar pajangan diruangan… tidakkah disadari … bentangan karst juga penyangga KEHIDUPAN bagi berbagai bentuk makhluk hidup…..

Cachment area

Kawasan seluas ini, bisa menjadi daerah tangkapan yang penting bagi sistem Perguaan GUA SRUNGGO. Sgala bentuk kegiatan yang merusak di sekitar ini, niscaya akan mengancam keberadaan Gua dan sungai bawah tanahnya ….

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: