Skip to content

Re-ORIENTASI CAVING dan SPELEOLOGI INDONESIA

April 15, 2008

salam speleologi,

Wah, kayaknya memang perkembangan caving di Indonesia perlu di tinjau lagi nih… kalo yang muda-muda aja bingung mau kemana, ngikut mana dan kiblat yang mana yaaa… spertinya memang perlu momen untuk RE-Orientasi Caving dan SPELEOLOGI Indonesia.

paling nggak masih-masing dari pegiat-pemerhati- penonton perlu mawas diri alias REFLEKSI untuk mempunyai arahan kemana CAVING dan SPELEOLOGI indonesia berkembang.

Kalo masing-masing pihak asik dengan dunia gelapnya sendiri apalagi energi habis untuk menyelesaikan permasalahan yang tidak mendasar, saya yakin caving dan speleologi Indonesia akan tetap seperti ini… TANPA ARAH dan TUJUAN …, masing-masing pihak asik berkutat dengan aktifitasnya dan tidak membuka diri untuk ber-SINERGI dengan pihak lain untuk mengembangakan Caving Indonesia yang tidak hanya berorientasi PETUALANGAN namun sekaligus bisa ber-KONTRIBUSI pada pelestarian Karst dan GUA indonesia yang sekaligus membantu masyarakat di kawasana karst untuk lebih optimal memanfaatkan lingkungannya tidak hanya dengan TAMBANG atau EKPSLOITASI yang berlebihan ….

Aktivitas sudah semestinya bermanfaat buat masyarakat meskipun MANFAAT itu tidak selalu dalam wujud fisik, namun hendaknya mengarah pada bagaimana masyarakat bisa HIDUP SELARAS DENGAN KARST.

Saya tidak tahu persis bagaimana teman-teman yang muda sekarang seperti arisan CAVING JOGJA memandang CAVING dan SPELEOLOGI INDONESIA … apakah hanya sekedar keluar-masuk gua, pemetaan dan SUDAH ….tanpa HARAPAN lain yang mestinya bisa LEBIH dari ITU…

Yang jelas, KARST di JAWA khususnya dari hari ke hari semakin tertekan dengan aktifitas eksploitasi yang tidak terkendali …, contoh TUBAN: saat ini sedang mengalami ancaman serius dengan rencana pembukaan tambang HOLCIM dan juga perluasan SEMEN GRESIK… sebenarnya ada PERAN BESAR para CAVER untuk BERKONTRIBUSI dalam memecahkan permasalaha ini ….

Simple saja ; … perluasan SEMEN GRESIK mengancam keberadaan sumber GUA SRUNGGO … namun tidak ada seorang pun yang bisa menyajikan data survey bawah TANAH sistem perguaan di GUA SRUNGGO, nah .. kalau teman-teman CAVER, SPELEOLOG, HIDROLOG, GEOLOG, BIOLOG, KONSERVASIONIS mau bahu-membahu BERKONTRIBUSI untuk mmembantu bagaimana mengelola karst di JAwa, aku yakin itu lebih dari KEKUATAN MAHA DASYAT yang bisa membantu menyelamatkan kawasan karst JAWA.

Seandainya ada teman-teman yang mau-mampu untuk ekplore sistem SRUNGGO, saya yakin, perluasan SEMEN GRESIK akan menjadi sesuatu yang MUSTAHIl seandainya SISTEM PERGUAAN itu tepat di bawah rencana PERLUASAN ….

Isu KETERSEDIAAN AIR BERSIH adalah ISU yang PALING SEKSI untuk diangkat untuk menyelamatkan KARST JAWA……

jadi … ,

mungkin kita perlu kembali MERENUNGKAN, MAWAS DIRI dan BERKACA apa yang bisa kita perbuat bagi kelestarian KARST JAWA….

Jadi kalau VISI teman-teman CAVER dll adalah MEMBANTU MENYELAMATKAN KARST INDONESIA saya yakin, tidak akan ada lagi KEBINGUNGAN dalam berkegiatan di CAVING maupun SPELEOLOGI.

Cuma permasalahannya adalah PERLUNYA suatu PENGGERAK atau LOKOMOTIF  yang berskala nasional yang memang CONCERN untuk mencapai VISI tersebut … sehingga kegiatan apapun di dunia caving Indonesia akan selalu bernapas pada visi tersebut …

Jadi nggak perlu BINGUNG ….lagi …, mungkin cassli dan teman-teman generasi muda yang masih BEROTOT untuk menelusuri GUA bisa mempunyai gambaran kemana arah kita dalam berkegiatan di gua ….

Masalah KIBLAT, sbenaranya tidak perlu kiblat banyak-banyak di Indonesia .. tidak perlua ada kiblat CISARUA, KIBLAT JOGJA, Kiblat MALANG, KIBLAT SOLO, KIBLAT MAKASSAR, KIBLAT ACEH tapi lebih pada KIBLAT INDONESIA RAYA

yang penting

MASING_MASING PIHAK TIDAK MERASA LEBIH dari PIHAK YANG LAIN. Semuanya bersama-sama MENGEMBANGKAN CAVING DAN SPELEOLOGI INDONESIA… .

GALANG PERSATUAN CAVING INDONESIA… .

 MAJU TERUS SPELEOLOGI INDONESIA    

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: