Skip to content

Duri-duri di kalacemeti

December 16, 2010

Capit Sarax sangkulirangensis dari gua-gua di Sangkulirang, Kalimantan Timur

Kalacemeti merupakan salah satu kelompok Arachnida yang mempunyai duri-duri di capitnya. Keberadaan duri-duri ini menjadikan kalacemeti menjadi tampak mengerikan dan berbahaya seperti binatang yang beracun.

Duri-duri yang ada di capit ini mempunyai jumlah dan ukuran yang bervariasi, sehingga duri menjadi salah satu karakter penting untuk membedakan satu marga-dengan marga lainnya.

Sedangkan fungsi duri-duri ini masih belum diketahui secara pasti. Dari sekian banyak kelompok Arachnida, hanya kalacemeti yang mempunyai duri yang sangat berkembang dan bervariasi. Diduga, duri-duri ini berperan untuk membantu ketika kalacemeti menangkap mangsa dengan capitnya.

Gambar di atas adalah salah satu contoh susunan duri yang ada di marga Sarax, dimana duri-durinya mempunyai ukuran yang semakin panjang dari pangkal capit ke arah ujung. Tipe duri seperti ini merupakan ciri khas anggota suku Charinidae.(CR)

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. suci permalink
    December 16, 2010 5:57 pm

    ada kemungkinan dipakai pas kawin juga gak mas? jadi biar begertaar gimanaaaaa gitu…hahahaha…kalo dah ketemu jawabannya jangan lupa email diku ya…

    • December 16, 2010 6:22 pm

      wah denger yang bergetar-getar, otakku langsung melambung ke suatu tempat.
      Tapi anyway, secara ilmiah capit memang berperan penting selama proses kawin, namun untuk lebih spesifik ke duri yang ada di kalacemeti nampaknya belum bisa disimpulkan sampai sejauh itu. Nanti, kalau ada temuan fungsinya aku kabari deh … aku update terus … heheheee…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: