Skip to content

Waigeo – a secret garden

June 28, 2011

Waigeo merupakan satu pulau di gugusan Kepulauan Raja Ampat yang sangat dikenal dengan kekayaan bahari-nya. Berbagai macam kehidupan bawah laut menjadi daya tarik sendiri yang telah mengundang orang untuk berkunjung dan menyelaminya.

Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui sekiranya Waigeo juga memiliki keindahan bawah tanah yang belum banyak diungkap.

Beberapa gua yang ada memiliki ornamen yang sangat indah dengan genangan air yang jernih sejernih kaca kehijauan. Langit-langit gua dengan dekorasi berwarna putih bersih menggantung meneteskan air terus menerus berproses untuk membentuk bentukan-bentukan baru.

Kehidupan yang tersimpan pun banyak yang belum dikenal, berbagai jenis baru ditemukan dari gua-gua yang indah ini. Salah satunya adalah kepiting berwarna orange dengan kaki yang panjang dan dapat berenang dengan sangat cepat. Kepiting yang diberi nama Karstarma ensifera ini pun mempunyai kotoran berwarna orange juga. Kepiting ini banyak menghuni sela-sela batuan.

Sementara kerabatnya, Karstarma waigeo, ditemukan hidup dibagian lain gua yang bersubstrat lumpur berbeda dg jenis sebelumnya yang lebih banyak menghuni bagian gua yang berbatu.

Waigeo, taman surga yang tak pernah tersentuh.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: