Skip to content

Banten Caves – unearthed the beauty

June 30, 2011

Kawasan selatan Banten merupakan salah satu kawasan dengan potensi gua-gua yang belum banyak dijamah. Adalah Norman Edwin bersama Garba Bhumi nya yang di era 80-an telah mengeksplorasi gua-gua di daerah Bayah.

Gua-gua di Desa Sawarna adalah keindahan lain yang belum banyak di kelola selain keindahan pantai selatan yang telah banyak dikembangkan sebagai tujuan wisata.

Ada beberapa gua yang cukup menarik untuk ditelusuri yakni Gua Lalay yang merupakan gua dengan sungai bawah tanah. Kondisi lorong gua yang berkelok-kelok dan relatif sulit, cukup menyita adrenalin bagi orang-orang yang gemar berpetualang.

Kondisi lantai gua yang berlumpur dengan lorong gua yang sempit di beberapa lokasi, menjadikan Gua Lalay menjadi tempat untuk bermain dengan lumpur tebal.

Selain keindahan, beberapa fauna pun banyak ditemukan di dalam gua seperti kelelawar yang menghuni langit-langit gua. Masing-masing ruangan gua yang besar, dihuni oleh jenis-jenis kelelawar yang berbeda. Selain itu, burung sriti pun ditemukan di beberapa lorong gua yang meletakkan sarangnya di dinding gua.

Mitos

Penduduk lokal bercerita kalau di dalam gua dihuni oleh seekor kelelawar yang berukuran besar yang konon bisa menelan manusia. Saya keder juga dengan cerita-cerita yang seperti ini meskipun kadang jauh dari kenyataan.Sebelum masuk kadang cukup waswas sehingga kadang cukup waspada siapa tahu beneran memang ada ular karena saya paling “benci” dengan ular.

Setelah masuk, baru bisa dipahami kenapa orang setempat kalau ada ular yang berukuran sangat besar. Setelah diamati, batuan-batuan yang ada di dalam gua memang banyak yang bercorak seperti sisik ular, yang bisa jadi karena dengan penerangan minim dianggap sebagai sisik ular secara sekilas.

Namun, semua itu akan terlupa setelah menyusuri lebih alam meskipun kondisi dinding gua relatif kotor namun masih ditemukan ornamen-ornamen yang masih berkembang.

Bagaimanapun, gua di Sawarna ini menawarkan keindahannya sendiri.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: