Skip to content

Cave biology for all – Jogja

September 19, 2011

Komunitas penelusur gua dan pemerhati karst dan gua berfoto bersama setelah usai kegiatan

Akhirnya, pada tanggal 16 September 2011 bertempat di Fakultas Biologi UGM, tim Puslit Biologi LIPI berkesempatan berbagi tentang “Biologi Gua”  bersama komunitas penelusur gua di Jogjakarta dan para pemerhati dan pemerhati karst dan gua.

Sekitar 80 penelusur gua dan pemerhati karst dan gua berkumpul di Ruang 4 Fakultas Biologi atas undangan Matalabiogama UGM.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Yayuk R. Suhardjono berbagi tentang “Biologi Gua di masa lalu, kini dan nanti” yang menceritakan bagaimana perkembangan biologi gua di waktu lalu. Selain itu, kondisi penelitian biologi gua yang ada saat ini juga dipaparkan mencakup perkembangan penelitian dan sekaligus pendidikan dengan masuknya mata kuliah biospeleologi di salah satu universitas di Jogja.

Sedangkan untuk masa yang akan datang, Prof. Yayuk memaparkan harapan-harapan atas perkembangan biologi gua di Indonesia dengan mengedepankan penelitian dan pendidikan bagi generasi muda sehingga pengetahuan tentang biologi gua terus berkembang dan menjadi kunci bagi pelestarian karst dan gua di Indonesia.

Sigit Wiantoro, sebelah kanan, sedang menjawab pertanyaan peserta. Sebelah kiri, Dyah Putu, salah satu anggota Matalabiogama yang memandu acara

Gua dan invertebrata

Pada kesempatan yang sama, saya berkesempatan berbagi tentang gambaran kekayaan fauna gua khususnya invertebrata gua yang mencakup kelompok arthropoda dan lainnya.

Dengan temuan-temuan jenis baru akhir-akhir ini menunjukkan bahwa kekayaan arthropoda gua di Indonesia sangatlah besar dan sangat penting bagi perkembangan pengetahuan biologi gua di Indonesia dan dunia pada umumnya.

Temuan-temuan dan gambar-gambar jenis baru dari gua-gua Indonesia saya paparkan dengan singkat sebagai gambaran betapa besar kekayaan gua Indonesia dan potensi yang belum tergali namun telah mendapat tekanan cukup signifikan akhir-akhir ini.

Prof. Yayuk, sedang memaparkan perkembangan biologi gua di Indonesia

Kelelawar Gua

Selain membicarakan biologi gua dan invertebrata gua, pada pertemuan yang bertajuk *Cave biology for all* ini Sigit Wiantoro, M.Sc. memaparkan bagaimana gua dan kelelawar saling bergantung dan membutuhkan.

Selain itu, nilai penting kelelawar sebagai potensi lingkungan juga secara singkat disampaikan. Gambaran-gambar kekayaan kelelawar gua dipaparkan.

Dengan kegiatan semacam ini, kita berharap ada penyebarluasan informasi tentang betapa pentingnya pengetahuan biologi gua di Indonesia dan masyarakat luas dapat mengetahui dan  mengerti mengapa perlunya untuk memikirkan perlindungan gua dan karst di Indonesia.

Semoga bulan depan, kegiatan semacam ini dapat dilakukan di seputaran Jabodetabek untuk teman-teman yang minat tentang gua dan karst.

Sampai bertemu di Cibinong Science Center.

Ucapan terima kasih:

1. Puslit Biologi LIPI

2. Matalabiogama Fak. Biologi UGM

3. Koordinator tim LIPI, Anang Setiawan Achmadi

4. Kolega-kolega yang bergabung: Bu Renny, Bu Daisy, Pungki, Hari Nugroho

5. Terkhusus buat Supervisor saya, Prof. Dr. Junichi Kojima, yang dari Jepang berkenan untuk menjadi pendengar

6. Teman-teman yang berkenan hadir di Matalabiogama UGM untuk berbagi dengan kita.

Gua dan Fauna Invertebrata

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. September 30, 2011 10:47 am

    huwa…….saya tidak diajak ikut….hiks..hiks…hiks…hanya mendapatkan sebuah cerita dari seorang teman…

  2. October 19, 2011 4:05 pm

    Jangan kuatir nanti lain kali masih ada kesempatan lagi …

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: