Skip to content

Malang – Krenggosan dan kepanasan di dalam gua (Part 2)

October 26, 2011

Sigit sedang menghirup Oxycan

Sigit yang biasanya masuk duluan karena menghindari kelelawar kabur, telah kembali bersama Baihaqi dan Maya disaat saya sedang asik memanjat dinding gua untuk menangkap kalacemeti di atap gua yang cukup tinggi.

Sambil membawa jaring tangan yang digunakan untuk menangkap, Sigit bilang sudah tidak kuat lagi, terlalu sesak dan pengap. Sementara baihaqi cuma diam tak berbicara.

Setelah menyusuri secara singkat Gua Siem yang pengap dan menyesakkan, akhirnya kami memutuskan untuk segera keluar dari Gua Siem yang baru secuil yang kita susuri.

Akhirnya, Maya naik duluan karena dia yang pertama kali masuk karena sebagai firstlady sehingga dia layak untuk keluar duluan. Meskipun menurut dia baik-baik saja tidak mengalami sesak dan apalagi pusing.

Sambil menunggu Maya naik, Baihaqi tiduran di lantai gua yang berbatu, dia hanya diam. Setelah ditanya ternyata kepalanya pusing, akhirnya kami menggunakan Oycan yang disiapkan Maya sebelum masuk.

Setelah Maya naik, Baihaqi menyusul naik sementara tertinggal saya, Hari dan Sigit. Akhirnya, saya memutuskan untuk yang terakhir kali naik sekalian cleaning lintasan.

Setelah Baihaqi beres, Sigit dan Hari menyusul ke atas, sementara saya menunggu untuk cleaning lintasan.

Cleaning

Tackle bag yang teronggok berisi tali di bawah lintasan harus aku ambil dan bawa ke atas. Sudah cukup lama rasanya saya tidak merasakan cleaning lintasan, menjadi orang terakhir yang naik dan harus memastikan semua tidak ada yang tertinggal.

Akhirnya, setelah memasang SRT Set secara benar saya menuju lintasan yang sudah tidak terpakai. Saya ambil tackle bag berisi tali dan saya kaitkan di MR-D yang terpasang di perut.

Setelah mengaitkan, kemudian saya memasang jammer dan memasang croll yang tertempel di dada. Perlahan, saya tarik jammer supaya tali menegang dan saya tidak terperosok karena tali belum cukup tegang menahan beban.

Meskipun sudah cukup lama tidak meniti tali, saya masih cukup layak untuk disandingkan dengan caver-caver muda yang saat ini banyak bermunculan dengan teknik dan keberanian yang mungkin lebih dari saya.

Perlahan, akhirnya sampai di overhang dan saya ingat benar ketika 12 tahun lalu belajar di overhang di tower air di Fakultas Biologi UGM ketika bergabung di Matalabiogama.

Kami harus berlatih melintasi overhang dimana posisi tali menenempel pada bibir dinding.

Setelah perlahan mengangkat tali, jammer didorong ke atas sehingga bisa melewati ujung dinding dan footloop bisa digunakan untuk bertumpu untuk memindahkaan croll.

Setelah melewati overhang, akhirnya saya harus melepas semua lintasan yang dipasang oleh Maya dan baihaqi.

Untungnya, di daerah ini tidak terlalu pengap sperti yang ada di bawah, sehingga ketika naik tidaklah terlalu berat.

Setelah selesai cleaning, akhirnya kita keluar gua dimana Mas Roim masih setia menunggu dengan rokoknya di depan mulut gua.

Pulang basecamp

Setelah keluar, Sigit masih mempunyai pekerjaan yaitu melepas jaring kabut yang masih terpasang dengan dua ekor kelelawar yang terperangkap di jaring.

Sigit membongkar jaring dan kemudian kita berkemas pulang. Sebenarnya saya sedang berjuang menahan kantuk yang rasanya sudah tidak tertahan, karena perjalanan tengah malam dengan Gajayana masih belum cukup untuk mengistirahatkan mata saya.

Sampai di basecamp, mata sudah tak tertahan dengan menahan kantuk kita menyiapkan karpet untuk berbaring di lantai. Meskipun lapar, mata kami sudah tidak kuat untuk menunggu mie yang kita pesan.

Meskipun akhirnya kita terpaksa harus makan mie sambil tertidur.

ini ceritaku, apa ceritamu?

(bersambung)

Referensi:

Menyusuri Gua Minim Oksigen

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: