Skip to content

Kepiting gua dari Malang Selatan

November 2, 2011

Kepiting gua yang ditemukan di salah satu gua di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang ini telah menjawab rasa penasaran saya selama ini.

Setelah malam-malam berhasil mencapai gua di tengah hutan ini akhirnya saya yakin, dugaan saya selama ini benar, bahwa kepiting yang ada di Malang ini termasuk dalam Marga Karstarma yang selama ini di Pulau Jawa hanya dikenal satu jenis yang ditemukan di Gunungsewu yaitu Karstarma jacobsoni.

Kepiting dari marga Karstarma merupakan kelompok kepiting dengan nama marga yang baru diusulkan tahun 2007 oleh taksonom dari Singapura.

Marga Karstarma menaungi jenis-jenis yang umumnya ditemukan di daerah karst khususnya gua-gua seperti di Gunungsewu, Malang dan Maros di Sulawesi Selatan.

Jenis baru

Dugaan kepiting di salah satu gua di Malang ini dari Marga Karstarma berawal dari salah satu adegan di acara penelusuran gua di TV swasta yang menampilkan kepiting yang sedang berlari di lantai gua yang berlumpur.

Dari cara berlari, saya yakin jenis kepiting tersebut mirip dengan jenis yang ada di Gunungsewu.

Setelah mengkoleksi kepiting tersebut, akhirnya saya serahkan kepiting tersebut kepada ahlinya di Museum Zoologi Bogor yaitu Dr. Daisy Wowor yang juga pernah mempublikasikan dua jenis baru dari marga yang sama dari Pulau Waigeo, Raja Ampat.

Beliau meyakini berdasarkan bentuk alat kelaminnya sangat berbeda dengan jenis yang sudah dikenal dari Gunungsewu dan kemungkinan besar merupakan jenis baru.

Namun, untuk memastikan lebih lanjut beliau harus membandingkan dengan jenis-jenis lainnya yang sudah dikenal di Indonesia seperti dari Bali, Maros Sulawesi Selatan, Ambon dan Waigeo Papua.

Semoga dengan temuan-temuan jenis baru ini dari Pulau Jawa dapat mengingatkan para pemegang kebijakan bahwa karst di Jawa mempunyai nilai ilmu pengetahuan khususnya biologi yang sangat tinggi.

Sehingga sebelum mengambil langkah untuk mengeksploitasi hendaknya dilakukan survai menyeluruh sehingga diperoleh gambaran yang lengkap untuk pemanfaatan dan pelestarian dapat berjalan dengan baik.

Karstarma sp, kepiting gua dari Malang Selatan (Foto C. Rahmadi)

Klasifikasi

Sub Filum        : Crustacea

Kelas                  : Malacostraca

Ordo                   : Decapoda

Infra Ordo       : Brachyura

Famili                : Sesarmidae

Marga                : Karstarma

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: