Skip to content

Amauropelma matakecil, laba-laba gua dari Menoreh

January 10, 2012

Amauropelma matakecil, si mata kecil penghuni gua-gua Bukit Menoreh, (Foto: Sidiq Harjanto)

Penemuan laba-laba jenis baru telah dipublikasikan dalam jurnal taksonomi Zookeys yang terbit pada tanggal 9 Januari 2012 dalam sebuah artikel berjudul ”A troglomorphic cave spider from Java (Araneae, Ctenidae, Amauropelma)” Zookeys 163 halaman 1-11 yang ditulis oleh Jeremy Miller dari Naturalis Leiden Belanda dan Cahyo Rahmadi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Jenis baru laba-laba ini diberi nama Amauropelma matakecil karena memiliki mata yang mengecil dan menyisakan bintik-bintik putih di bagian kepalanya.

Laba-laba ini berwarna putih pucat dan memiliki kaki yang memanjang tidak seperti jenis laba-laba dari luar gua.

Laba-laba gua yang tergolong dalam Famili Ctenidae dimasukkan dalam Marga Amauropelma. Meskipun demikian, penempatan dalam marga ini masih perlu dikaji lebih lanjut, namun sampai saat ini marga inilah yang paling cocok.

Marga Amauropelma merupakan salah satu marga dari Famili Ctenidae yang sebaran utamanya ada di daratan Australia. Temuan di Jawa merupakan catatan baru untuk Marga Amauropelma.

Sebaran

Amauropelma matakecil sampai saat ini hanya ditemukan di salah satu kawasan karst di Pegunungan Menoreh di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jenis ini tidak ditemukan di tempat lain dan hanya tercatat di tiga gua di daerah Pegunungan Menoreh.

Unik

Amauropelma matakecil merupakan salah satu jenis yang unik, karena dari beberapa kali usaha koleksi dari gua-gua di Menoreh hanya diperoleh spesimen betina. Spesimen jantan yang penting untuk mamastikan identitas jenis ini gagal diperoleh setelah tiga kali usaha pencarian.

Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah jenis ini sebagai salah satu jenis parthenogetik atau bukan masih memerlukan kajian lebih lanjut. Jenis parthenogenetik adalah jenis yang reproduksinya berasal dr telur yang tidak dibuahi yang berkembang menjadi individu-individu baru.

Klasifikasi:

Kelas   : Arachnida

Ordo    : Araneae

Famili  : Ctenidae

Marga  : Amauropelma

Jenis    : Amauropelma matakecil Miller & Rahmadi, 2012

Nilai konservasi

Temuan ini membuktikan, gua-gua di karst Jawa merupakan gudangnya jenis baru yang memerlukan perhatian untuk dieksplorasi dan diungkap kekayaannya.

Namun kondisi terkini, dimana ancaman pembukaan pabrik semen baru di beberapa kawasan menjadi ancaman tersendiri dan berpotensi untuk menghilangkan habitat jenis-jenis baru yang unik dan khas yang bahkan sebarannya sangat terbatas.

Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah perlunya rencana strategis ke depan untuk pengelolaan kawasan karst sehingga dapat diselamatkan dan dimanfaatkan tanpa merusak dan menghilangkan potensi yang ada di dalamnya baik potensi biologi, hidrologi maupun potensi lain yang tidak dapat dinilai dengan uang.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: