Skip to content

Indonesian Caver Society – pasang surut

February 15, 2012

Sangat menarik kalau membicarakan tentang perkembangan caving dan speleologi di Indonesia. Sejarah yang panjang ketika Norman Edwin merintis dengan Garba Bhumi-nya di awal 80-an menjadi catatan tersendiri.

Beberapa tulisan Norman Edwin tentang eksplorasi gua juga muncul di beberapa majalah waktu itu seperti ketika beliau eksplorasi di daerah Bayah Banten.

Sejak saat itu, perkembangan caving dan speleologi lebih banyak dimotori oleh Pak Ko dan teman-teman disana dengan Hikespi-nya.

Namun diluar Hikespi, banyak simpul-simpul yang menggerakkan caving sebagai aktivitas alam bebas seperti di Yogyakarta dengan Arisan Caving yang masih berlangsung hingga saat ini. Sementara di kota-kota lain, kegiatan caving lebih banyak dimotori oleh beberapa pecinta alam yang mempunyai divisi caving.

Sedangkan klub-klub speleologi yang ada di beberapa kota telah mati suri dan tidak lagi tersisa. Mungkin hanya ASC yang tersisa yang memfokuskan diri pada kegiatan speleologi, di luar itu ada beberapa klub baru seperti LeGua Speleological Club dan beberapa klub di Makassar dan lain-lain.

Apa peran Indonesian Caver Society – Indocaver

Tahun 2003 tepatnya bulan Juli 2003, aktivitas milis dimulai dengan beberapa pesan yang masuk, dimana pada bulan tersebut ada sekitar 33 pesan.

Indocaver sendiri sebenarnya diawali oleh ide-ide dari Mas Sulastama Raharja alias Komo yang banyak menjadi inisiator grup yang penting saat ini.

Sejak saat itu, lalu lintas message di grup Indocaver semakin meningkat dan semakin intensif ketika tahun 2004-an.

Tag line yang diambil pun sebenarnya cukup simple dan mungkin agak muluk-muluk “From caves to Indonesian Karst Conservation” dimana hal ini diharapkan dari kegiatan caving ini dapat berkontribusi bagi pelesatarian kawasan karst, atau setidaknya menjadi problem solver dalam permasalahan kawasan karst yang banyak bermunculan.

Seperti yang ada di webgroup Indocaver, ada beberapa catatan yang mungkin bs menjadi pegangan kita semua yaitu :

Indonesian Caver Society merupakan forum silaturahmi diantara penelusur gua dan pemerhati kars di Indonesia. Forum ini di maksudkan sebagai sarana diskusi dan pertukaran informasi masalah teknik penelusuran gua dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan gua dan lingkungannya. Forum ini bersifat terbuka bagi semua individu dengan berbagai latar belakang ilmu namun mempunyai kesamaan minat dan pandangan akan nasib kawasan kars Indonesia

Ide awal pembentukan forum ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan kebersamaan di antara penelusur gua di Indonesia. Dengan komunikasi dan kebersamaan yang terjalin dengan baik diharapkan dapat terjadi pertukaran ilmu, pengalaman dan pemahaman mengenai teknik penelusuran gua, ekosistem gua dan konservasi lingkungan kars, sehingga terwujud kegiatan penelusuran gua yang aman bagi pegiat dan bagi gua dan diharapkan dapat terwujud kelestarian lingkungan gua dan kars. 

Dimana, Indocaver diharapkan menjadi ajang pertukaran informasi dan kebersamaan penelusur gua di Indonesia dengan berbagai latar belakangnya.

Dari situ juga diharapkan ada pertukaran ilmu, pengalaman dan pemahaman teknik-teknik penelusuran gua yang bisa bermanfaat untuk berkegiatan penelusuran gua.

Lebih jauh, diharapkan dari forum ini bisa berperan dalam mewujudkan penelusuran gua yang aman dan berperan dalam konservasi ekosistem kars dan gua.

Pasang surut

Dengan tujuan yang sangat mulia ini, forum Indocaver mempunyai peran yang sangat penting, namun sayangnya seperti grup-grup lain, pasang surut juga terjadi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada.

Saat ini, aktivitas lalu lintas message dalam milist telah berkurang drastis sejak tahun 2006.

Namun, dalam milis ini pun masih tersimpan dengan baik pesan-pesan penting yang bisa menjadi rekam jejak kegiatan dan perkembangan caving dan speleologi di Indonesia. Yang mungkin suatu saat bisa menjadi bahan acuan untuk menuliskan sejarah caving di Indonesia dengan apa adanya.

Transformasi

Mengikuti perkembangan jaman, Mas Sulastama alias Komo, menginformasikan kalau grup Indocaver di FB telah diupgrade secara otomatis.

Karena sebenarnya grup Indocaver telah ada sebelumnnya namun masih dalam format grup FB yang lama sehingga kurang interaktif dan kurang menarik.

Konsekwensi dari itu, ada beberapa member yang telah tergabung menjadi hilang dan tersisa hanya beberapa member yang waktu itu mas komo menginformasikan hanya tinggal 7 member.

Sehingga, masih perlu banyak waktu untuk menambahkan teman-teman untuk bergabung dalam grup ini untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman.

Untuk yang berkenan bergabung, silakan kunjungu grup berikut ini : https://www.facebook.com/groups/caver/

Dan mohon maaf sekiranya ada yang di add namun kuran berkenan, silakan di remove saja.

Yan jelas, sesua yang disampaikan sebelumnya, grup Indocaver hanya ingin sebagai tempat untuk saling tukar informasi dan pengalaman.

Sehingga, para caver bisa berperan lebih konkrit dengan mewujudkan ide-ide yang ada.

mari kita kembangkan caving dan speleologi sehingga dapat berperan untuk kelestrian karst dan gua. 

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: