Skip to content

Menikmati keindahan gua – Bag. 2

February 18, 2012

Contoh caver dg seragam kebanggaanya

Selain keselamatan untuk gua, kita juga harus memperhatikan keselamatan diri kita sebagai penelusur gua atau sebagai wisatawan karena kondisi lingkungan gua termasuk lingkungan yang cukup ekstrim sehingga diperlukan persiapan baik mental maupun fisik yang baik.

Standar keselamatan yang utama adalah, kita harus menggunakan peralatan minimal untuk menelusuri gua. Alat yang yang harus kita perhatikan adalah:

  1. Helm pelindung kepala yang kuat.
  2. Penerang cahaya dengan beberapa cadangan.
  3. Pakaian pelindung yang nyaman untuk menelusuri gua seperti mudah kering dan tidak terlalu tebal.
  4. Menggunakan sepatu yang aman di dalam lumpur maupun air dimana yang lazim digunakan adalah sepatu boot dengan bahan karet yang tidak berat.
  5. Baterai cadangan, lilin dan survival kit seperti survival blanket untuk menghindari hipotermia.
  6. Membawa tas yang anti air atau yang mudah kering.
  7. Pelindung lutut dan siku yang digunakan ketika kita harus menyusuri gua dengan kondisi lorong yang sempit dan rendah. Serta kaos tangan karet yang kuat karena kondisi dinding gua yang tajam dan kulit yang basah mudah menyebabkan luka.
  8. Pelampung, dibutuhkan ketika kita menyusuri gua dengan sungai bawah tanah dengan kedalaman yang bervariasi.
  9. Peralatan penelusuran gua vertikal yaitu Single Rope techniques atau disingkat dengan SRT Set yang terdiri dari beberapa alat untu menyusur gua vertikal.

Hal tersebut adalah peralatan yang harus diperhatikan jika kita ingin menelusuri gua baik yang vertikal maupun horisontal.

Selain persiapan seperti diatas, kita juga harus melakukan persiapan seperti mempersiapkan diri dengan ilmu yang kita miliki. Sebelum memasuki gua kita harus memperhatikan musim, jangan melakukan penelusuran gua di musim hujan. Selain itu, kita juga harus mencari informasi sejauh mana tingkat kesulitan gua yang akan kita kunjungi seperti panjang gua, apakah ada lorong yang hiperventilasi (minim oksigen) ataukah gua harus memerlukan peralatan menyusuri gua vertikal. Kalau kita sudah memiliki ilmu dan pengetahuan untuk menyusuris gua, niscaya kita akan menikmati keindahan kegelapan gua dengan tenang dan nyaman.

Tips menyusuri gua:

  1. Sebelum pergi ke lokasi gua, pelajari dulu segala informasi tentang gua yang akan kita kunjungi.
  2. Siapkan mental dan fisik untuk menghadapi kondisi tersulit di dalam gua, jangan pernah meremehkan.
  3. Tinggalkan pesan kepada keluarga, saudara atau teman kemana anda akan melakukan penelusuran gua dan berikan perkiraan waktu dengan toleransi yang cukup kapan penelusuran gua akan berakhir.
  4. Kalau anda mengunjungi gua dengan bantuan pemandu dan fasilitas layanan yang ada, pastikan anda memperoleh hak anda yaitu peralatan standar seperti helm, penerang, cover-all, sepatu dan fasilitas lain yang diperlukan.
  5. Pastikan pemandu anda menggunakan peralatan standar dengan memakai helm, sepatu, penerang dan peralatan minimal. Kalau sekiranya pemandau abai dengan hal ini, anda harus menegur pemandu tersebut karena anda berhak untuk menegur karena terhadap keselatan diri sendiri saja pemandu abai, bagaimana mereka akan memperhatikan keselamatan anda.
  6. Sebelum memasuki gua, anda berhak untuk mendapatkan informasi dari pemandu apapun yang akan ditemui selama penelusuran gua baik yang terburuk maupun yang terbaik, sehingga sebelum anda masuk ke dalam gua, anda sudah mempersiapkan fisik dan mental anda.
  7. Selama penelusuran gua, pastikan diri anda selalu memakai helm dan menggunakan sepatu. Sekiranya anda pusing karena tidak terbiasa memakain helm, pastikan anda berada pada lorong yang aman untuk melepaskan helm sejenak untuk membebaskan kepala anda dari beban helm.
  8. Perhatikan setiap detil lorong gua dan amati serasah yang ada di dinding gua sehingga anda bisa membayangkan seberapa besar banjir yang bisa menggenangi lorong gua.
  9. Pastikan anda juga melihat lorong-lorong gua yang tinggi dan jauh dari sungai sekiranya ada hal yang terjadi seperti banjir yang mendadak.
  10. Selalu mengingatkan satu sama lain sekiranya ada yang tidak sesuai dengan kaidan penelusuran gua.
  11. Kalau menemukan ornamen yang bagus, dan anda ingin berfoto pastikan anda tidak menyentuh atau menginjak ornamen tersebut, karena dengan emnyentuh atau menginjaka anda telah merusak ornamen tersebut.
  12. Sekiranya dalam perjalanan anda menemukan ular, jangan panik. Biarkan ular itu dalam tempatnya dan jangan diganggu supaya ular tersebut tidak berpindah tempat sehingga anda lebih mudah mewaspadai sekembalinya nanti.
  13. Jika anda menemukan koloni kelelawar dalam satu lorong, jangan pernah mengarahkan kamera dengan blitz anda langsung kepad koloni tersebut, karena kelelawar akan terganggu dengan kilatan cahaya.
  14. Jika menemukan dan melihat binatang gua sperti jangkrik, laba-laba atau kalacemeti pastikan anda tidak mengambil dan membunuh binatang tersebut. Kalau ingin mengambil foto ambilah dengan tanpa menggangu binatang tersebut.
  15. Sekiranya selama penelusuran menemukan kubangan air di lantai gua, semaksimal mungkin anda untuk tidak menginjakkan kaki dalam kubangan atau genangan tersebut, karena bisa jadi di dalamnya hidup binatang gua yang unik dan khas.
  16. Jika anda menyusuri gua dengan sungai, pastikan anda membawa dan mengenakan pelampung dan pakailah selama menyusuri sungai bawah tanah.
  17. Jika ingin menikmati mandi di dalam gua, pertama kali jangan langsung lompat ke dalam air sebelum anda mengetahui betul kondisi dasar air.
  18. Untuk menikmati gua vertikal, pastikan anda menggunakan SRT Set dengan benar dan sudah diperiksa oleh teman yang lain.
  19. Selalu berhati-hati dan jangan pernah merasa hebat atau meremehkan kondisi gua. Karena kondisi gua yang mudah terkadang menyimpan bahaya yang tidak pernah kita sadari.
  20. Jangan merokok di dalam gua karena anda akan mengurangi jumlah oksigen yang sudah relatif terbatas.
  21. Setelah selesai, pastikan anda tidak meninggalkan apapun di dalam gua sperti sisa karbid, batu baterai, sampah plastik atau apapun yang tidak pernah ada sebelumnya di dalam gua.
  22. Pastikan anda kembali ke rumah dengan aman, sekiranya anda lelah untuk menyetir mobil atau mengendari motor sendiri, istirahatlah atau mintalah teman untuk menggantikan karena terkadang musibah bisa terjadi ketika kita sudah selesai melakukan penelusuran.

Lokasi wisata gua

Beberapa lokasi wisata gua yang menawarkan wisata minat khusus seperti di Gua Buniayu, Sukabumi Jawa Barat, Gua Pindul, Gunungkidul, Gua Kali Suci, Luweng Grubug-Jomblang di Semanu Gunungkidul. Sekiranya anda ingin merasakan tantangan di gua-gua yang tidak biasa, mungkin anda bisa menghubungi pecinta alam atau caving club yang ada di kota terdekat yang memiliki pengalaman dan kemampuan penelusuran dan peralatan yang memadai.

Sekali lagi, wisata gua bukanlah wisata yang mudah, namun jika kita memperhatikan segala macam persiapan wisata gua menjadi indah dan aman dan tak akan pernah mudah dilupakan.

Selamat berwisata dan bantulah untuk melestarikan gua dan karst semaksimal mungkin.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: