Skip to content

Melindungi spesies gua atau habitat dan ekosistemnya*

June 18, 2013

hymenosomatids2 lowGua merupakan salah satu ekosistem yang mempunyai kekayaan biodiversitas yang sangat tinggi. Ditinjau dari tingkat endemisme, kelangkaan, keunikan dan potensi kepunahan, hampir semua spesies khas gua layak menjadi perhatian dan perlindungan yang memadai.

Beberapa spesies gua merupakan spesies yang memiliki karakter morfologi yang unik karena mempunyai perbedaan morfologi yang khas dibandingkan kerabatnya yang ada di luar gua.

Morfologi unik

Beberapa spesies gua memiliki ciri morfologi seperti warna tubuh putih memucat, bahkan beberapa spesies memiliki tubuh transparan karena sudah kehilangan pigmen di tubuhnya. Selain warna tubuh, spesies gua juga kehilangan organ penglihatannya beberapa telang mereduksi bahkan sudah hilang sama sekali. Sebagai konsekwensi hilangnya organ penglihatan, beberapa spesies memiliki indra perasa yang sangat sensitif bahkan mempunyai ukuran yang tidak normal karena tidak proporsional dibandingkan dengan panjang tubuhnya.

Beberapa spesies juga memiliki indra perasa berupa “rambut-rambut” halus yang jumlahnya sangat banyak dan sangat rapat seperti kepiting gua Sulaplax ensifera dari perairan dalam gua di Pulau Muna.

Spesies-spesies tersebut sangat khas hidup di gua dan tidak ditemukan bahkan mampu hidup di luar gua. Tempat hidup yang relatif stabil sepanjang masa, memaksa spesies gua memiliki kemampuan untuk menghadapi perubahan lingkungan yang sangat sempit.

Sehingga, perubahan lingkungan sedikit saja di dalam gua menyebabkan ancaman yang serius bagi kelangsungan hidup spesies-spesies gua.

Hilangnya satu spesies di dalam gua, dapat mengakibatkan punahnya spesies dari muka bumi karena spesies gua mempunyai sebaran yang sangat sempit dan terbatas di beberapa gua bahkan hanya ada di satu gua.

Perlindungan

Lantas, bagaimana menyikapi fenomena ancaman yang semakin menekan keberadaan dan kelangsungan spesies-spesies gua tersebut?

Apakah langkah perlindungan terhadap spesies-spesies khas gua perlu dilakukan? ataukah perlindungan terhadap habitat dan ekosistemnya yang lebih efektif untuk melindungan keberadaan dan kelangsungan spesies khas gua.

Perlindungan terhadap spesies mempunyai nilai positif karena secara tegas memberikan status perlindungan terhadap spesies. Namun terkadang, kendala yang muncul di kemudian hari adalah sulitnya untuk mengkaji dan meneliti spesies-spesies yang dilindungi karena terkadang prosedur dan birokrasi yang berpotensi menjadi bumerang bagi peneliti/akademisi bahkan spesies itu sendiri.

Perlindungan terhadap spesies tidak serta merta memberi perlindungan terhadap habitat dan ekosistem tempat hidupnya karena jaminan kelangsungan terhadap habitat tidak menjadi prioritas perlindungan.

Jadi, memberi status perlindungan terhadap spesies gua memerlukan kajian yang lebih mendalam dan dikaji dampak yang akan muncul kedepan termasuk dalam kontek perdagangan satwa liar justru meningkatkan nilai jual suatu spesies.

Lain halnya dengan melindungi habitat dan ekosistemnya. Beberapa peraturan pemerintah telah menetapkan kawasan karst sebagai kawasan lindung geologi seperti PP 28/2008 tentang RTRW Nasional yang secara tegas memberi perlindungan terhadap kawasan karst sebagai habitat bagi beberapa spesies gua meskipun implementasi di lapangan masih perlu di evaluasi.

Kendala perlindungan habitat dan ekosistem untuk secara efektif melindungi spesies juga masih perlu dikaji. Karena, beberapa spesies gua yang khas terkadang berada di sekitar rumah penduduk yang terkadang kesulitan untuk ditetapkan sebagai kawasan lindung.

Tumpang tindih ini yang menjadi kendala kepastian perlindungan untuk spesies-spesies gua.

Namun demikian, upaya konkrit untuk menyelamatkan dan memberi kepastian kelangsungan hidup spesies gua dan habitat tidak melulu dengan memberi status perlindungan tapi upaya yang konsisten dengan kajian-kajian yang dapat memberi petunjuk untuk kelangsungan suatu spesies.

*hanya mengguman

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: